...

=== SELAMAT DATANG = = = SELAMAT DATANG= = = SELAMAT DATANG = = = SELAMAT DATANG = = =
= = =DI BLOG SAYA: GOMGOM PASARIBU= = =
Free banner maker
Generated image
Generated image

Selasa, 26 Oktober 2010

CARA MEMBUAT SABUN CREAM

CARA MEMBUAT SABUN CREAM

Kali ini, saya ingin membagi ide yang sangat dibutuhkan oleh ibu-ibu rumah tangga khusus sabun cream untuk membersihkan pakaian maupun bahan - bahan yg berupa kain maupun terpal dan sebagainya. sebenar membuat ini rahasianya sangat sedehana namun tidak semuanya masyarakat paham betul, iya ga seh...?

Namun anda tidak perlu takut dengan kepada merk besar karena umunnya ibu-ibu rumah tangga lebih tertarik dengan harga yang ekonomis/harga murah. Makannya saya sarankan penjualan pada keluarga maupun tetangga menengah ke bawah. Modal yang dibutuhkan untuk membuat sabun cream ini pun tidak terlalu besar daripada membeli rokok suami anda yg setiap harinya dalam sebulan. hehehe, bukan maksud ngeledek seh tapi inilah kenyataannya. sori yah, bagi pria maupun bapak yang tersinggung. Peace ah...

Btw, langsung saja ke bahas mengenai bahan-bahan apa aja sich yang di butuhkan:
1. ABS kira-kira: 40 cc
2. STPP kira-kira: 35 gram
3. CMC kira-kira: 15 gram
4. Tepung talk kira-kira 50 gram
5. Soda ash kira-kira: 35 gram
6. Soda api kira-kira: 10 gram
7. Bibit minyak wangi kira-kira 1,5 cc
8. Air panas kira-kira 50 cc
9. Air dingin kira-kira: 1,5 gram
10. Pewarna secukupnya


Cara membuatnya:
1. Pertama-tama masukan soda api kedalam ember lalu masukan air dingin lalu diaduk-aduk hingga larut sampai tercampur rata.
2. setelah itu, masukan CMC kedalam ember tsb sambil diaduk-aduk hingga larutan yang tadi benar-benar larut.
3. Diamkan kira-kira 5 menit lalu masukan soda ash sambil diaduk-aduk kembali hingga menjadi seperti adonan kue (kira-kira seperti itu, hehehe) hingga halus. setelah itu masukan air panas dan pewarna (terserah mau warna apa saja sesuai selera anda/pasar).
4. Masukan STTP sambil diaduk-aduk, kemudian masukan pula ABSA sampai tercampur secara merata. Setelah agak dingin jangan lupa masukan bibit minyak wangi kedalam adonan tsb sampai merata dan mengeluarkan wanginya.
5. Setelah itu sambil diaduk-aduk lalu masukan campuran tepung talk agar mendapatkan hasil sabun yg cukup banyak. Uda deh, jadi sabun creamnya...

Nb: Silahkan tanya jika blom mengerti. Bahan -bahan tersebut dapat anda dapatkan di toko kimia. mengenai Istilah nama-nama itu, boleh kok ditanya di kolom komentar.
Selamat mencoba, All..

By: Gomgom Pasaribu.